Selamat Datang di Website Resmi Desa Pagak  -  Sistem Informasi Desa Ini Dibuat Sebagai Bentuk Transparansi Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Pagak  

#PagakBergerak #mBangunDesa #DesaSurga

 

Dari Dana Desa, Rumah-rumah di Desa Pagak Banjarnegara Kini Terpasang Alat Cuci Tangan

Wardani 15 April 2020 14:59:28 Berita Desa

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Penanganan darurat virus Corona (Covid-19) perlu dukungan semua pihak, tidak hanya bergantung pada Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.

Pemerintah Desa (Pemdes) pun harus ikut terlibat untuk memutus rantai penyebaran virus Corona di desa. Pemdes dapat menganggarkan penanggulangan Covid-19 melalui dana desa yang jumlahnya besar.

Pemerintah Desa Pagak Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara satu di antara desa yang berani mengalokasikan dana desa untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Usai terbit Surat Edaran Menteri Desa PDTT Republik Indonesia Nomer 8 Tahun 2020, Pemdes Pagak membentuk Relawan Desa Lawan Corona. Melalui prinsip gotong royong, sebanyak 127 warga dari tingkat RT/RW bergabung menjadi relawan.

"Kami menggunakan Dana Desa Tahun Anggaran 2020 yang telah disepakati dalam sidang Perubahan APBDes Desa Pagak,"Kepala Desa Pagak Sudarwo

Dana itu dibelanjakan untuk berbagai keperluan untuk mencegah penyebaran Covid-19, semisal tangki semprot, Alat Pelindung Diri (APD) untuk relawan serta vitamin untuk menjaga stamina relawan.

Ratusan relawan berbagi tugas untuk berjaga di 5 pos penjagaan di perbatasan desa. Di sana mereka mendata dan memantau terhadap warga yang keluar masuk desa, termasuk pemudik. Untuk mendisiplinkan para pemudik, mereka diminta menandatangani surat penyataan agar mau mengisolasi diri di rumah masing – masing bagi pemudik yang tanpa keluhan.

"Tak hanya pendatang, relawan juga mendata warga desa pada usia rentan seperti lansia, balita, serta orang yang memiliki penyakit menahun dan kroonis lainya,"katanya

Pradikta Dimas, relawan tanggap Covid-19 Desa Pagak mengatakan, jumlah pemudik atau pendatang di Desa Pagak saat ini berjumlah 127 orang. Untuk pencegahan, Pemdes bukan hanya menganjurkan masyarakatnya untuk rajin cuci tangan. Melalui dana desa, Pemdes Pagak membelanjakannya untuk membeli 900 tempat cuci tangan atau galon, lengkap dengan sabun.

Tempat cuci tangan dan sabun itu dibagikan ke warga agar dipasang di setiap rumah. Pihaknya berharap, dengan difasilitasi alat cuci tangan, kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat meningkat. Sehingga dapat memutus rantai penyebaran virus.

"Ini hanya stimulan, nantinya ketika sabun habis masyarakat dapat menyediakan sendiri, dan mengisi air galon jika airnya sudah habis,"katanya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Dari Dana Desa, Rumah-rumah di Desa Pagak Banjarnegara Kini Terpasang Alat Cuci Tangan
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kepala Seksi Pemerintahan Kepala Seksi Pelayanan Kepala Seksi Kesejahteraan Kepala Urusan Keuangan Kepala Urusan Perencanaan Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum Kepala Dusun 1 Kepala Dusun 2 Kepala Dusun 3 Kepala Dusun 4 Staff Urusan Tata Usaha dan Umum Staff Seksi Pelayanan

Peta Desa

Video Potensi Desa Pagak

Sinergi Program

Sistem Informasi Manajemen

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTubeInstagram

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN