Selamat Datang di Website Resmi Desa Pagak  -  Sistem Informasi Desa Ini Dibuat Sebagai Bentuk Transparansi Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Pagak  

#PagakBergerak #mBangunDesa #DesaSurga

 

Bupati Optimis, Desa Pagak Akan Jadi Salah Satu Penggerak Ekonomi Kreatif

Wardani 24 Februari 2021 21:27:08 Berita Desa

BANJARNEGARA – Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono optimis, desa wisata Pagak Kecamatan Purwareja Klampok, akan menjadi simpul ekonomi kreatif di Kabupaten Banjarnegara. Harapan tersebut disampaikan Bupati ketika berkunjung ke desa wisata Pagak, Selasa, (16/2/2020).

Dalam kunjungan tersebut ia menyambangi sentra kerajinan bambu dan penyulingan minyak atsiri yang telah diekspor ke luar negeri.

“Saya optimis masyarakat bersama pemuda sebagai pioneer Desa Wisata Pagak, akan berhasil menggerakkan roda perekonomian,” kata Budhi.

Lebih lanjut Budhi Sarwono memberikan perhatian khusus untuk pabrik penyulingan minyak atsiri yang sedang berkembang di desa itu akan membawa nama Pagak dan Banjarnegara menjadi menasional bahkan mendunia.

”Banyak tamu datang ke Desa Wisata Pagak. Mereka datang dari seantero wilayah Nusantara dan dari mancanegara. Ini juga mengharumkan nama Banjarnegara,” kata bupati.

“Usaha ini sangat bagus untuk meningkatkan potensi lokal. Kami terus mengenalkan agar usaha penyulingan minyak atsiri di Pagak terus berkembang. Kami selalu berupaya mencarikan jaringan dan mitra pemasaran agar produk minyak atsiri hasil penyulingan di desa ini bisa lebih dikenal masyarakat,” lanjutnya.

Sementara itu menurut Pradikta Dimas, Kepala Unit Pariwisata dan Ekraf BUMDes Astagina Desa Pagak, mengatakan, produksi penyulingan diharapkan menggerakkan roda ekonomi Desa Pagak sekaligus bisa melestarikan alam.

Dijelaskannya bahwa setelah penyulingan minyak atsiri, selanjutnya adalah mengembangkan produk turunan minyak atsiri, seperti minyak serai wangi yang bisa dibuat sabun, penghemat BBM, karbol serai, sedangkan minyak dilemb atau nilam bisa dibuat untuk sabun, parfum, aromaterapi, serta produk kosmetik lainnya.

“Untuk pemasaran, dengan bekerjasama bersama BUMDes Astagina Desa Pagak, alhamdulillah sudah sampai ke luar negeri,” jelasnya.

Untuk saat ini produk-produk tersebut sudah menyebar ke berbagai penjuru tanah air dan ke beberapa negara terutama Prancis, Hongkong dan Belanda. ***(mjp)

banjarnegarakab.go.id

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kepala Seksi Pemerintahan Kepala Seksi Pelayanan Kepala Seksi Kesejahteraan Kepala Urusan Keuangan Kepala Urusan Perencanaan Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum Kepala Dusun 1 Kepala Dusun 2 Kepala Dusun 3 Kepala Dusun 4 Staff Urusan Tata Usaha dan Umum Staff Seksi Pelayanan

Peta Desa

Video Potensi Desa Pagak

Sinergi Program

Sistem Informasi Manajemen

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTubeInstagram

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN