Selamat Datang di Portal Website Desa Pagak Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara

Pagak Bergerak mBangun Desa - Pagak Menuju Desa Percontohan Nasional Tahun 2022

 

Desa Pagak Gelar Moctail Celebration, Gandeng Pikas Education Banjarnegara

Pradikta 14 September 2021 13:42:22 WIB

Banjarnegara - Inovasi usaha ditengah pandemi covid-19 sekarang ini harus terus digenjot agar masyarakat dapat bertahan dan terus tumbuh dalam meningkatkan perekonomianya.

Salah satu terobosan yang di garap oleh Pengelola Desa Wisata Pagak yaitu menggandeng Pikas Education Banjarnegara yang telah malang melintang dan berpengalaman dalam mendidik siswa siswinya mahir sekaligus menyalurkanya sehingga mereka dapat bekerja di Perhotelan, Kapal Pesiar, dan Negara Jepang.

Adanya peluang tersebut kemudian mencetuskan kegiatan yang mengangkat 3 tema pelatihan produk sebagai fokus pelatihan yaitu Frozen Snack, Fruit Carving, dan Moctail.

Kegiatan tersebut diadakan di Joglo Desa Wisata Pagak kompleks kampung kitiran rawa lutung park 27 Maret 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 35 orang (masyarakat Desa Pagak red), dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat ditengah pandemi.

Direktur Pikas Education Banjarnegara Achmad Sutjipto yang diwakili Instruktur Senior Pikas Education Banjarnegara Mr Wartono menjelaskan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu agar masyarakat memiliki knowledge dan skill untuk berwirausaha dalam bidang culinary, sehingga harapanya dapat membantu perekonomian keluarga.

"Harapan kami setelah pelatihan ini, masyarakat dapat meneruskanya untuk membuat inovasi baru, dari produk dasar yang kita ajarkan, dengan pengemasan dan pemasaran yang cantik, nantinya bisa sebagai produk unggulan untuk diperjual belikan, bisa melalui online, apalagi Desa Wisata Pagak juga sudah mulai ramai pengunjung" Terangnya

Miss Florida Instruktur lainya mencontohkan untuk harga dari moctail yang dibuatnya kalau sudah disajikan di Hotel dan Kapal Pesiar mencapai 4-6 dolar, belum lagi untuk produk lainya seperti Janda Lumer dan Janda Kenyal dengan bahan baku Ubi.

"Semua bahan praktek hari ini semuanya ada disekitar kita, seperti Sereh Wangi/Kamijara, Jeruk Nipis, Kelapa Muda, Nanas, Daun Mint. Dengan harga bahan baku yang notabene murah peserta nantinya dapat berlatih dan mengembangkan hasil pelatihan dasar yang telah diajarkanya." Harapnya

Sementara Sudarwo Kepala Desa Pagak mewakili peserta kegiatan mengucapkan terimaksih kepada semua Instruktur yang mendampingi peserta kegiatan, semoga selalu sukses dalam meraih cita-citahya.

Dengan adanya palatihan yang berlangsung, informasi yang telah kami dapat semoga bermanfaat dan dikembangkan oleh masyarakat Desa Pagak. (Dimas/aa/smol)

Artikel ini sudah pernah tayang di SMOL.ID dengan judul yang sama pada 27 Maret 2021

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

KEPALA DESA SEKRETARIS DESA KASI KESEJAHTERAAN KASI PEMERINTAHAN KASI PELAYANAN KAUR KEUANGAN KAUR PERENCANAAN KAUR TATA USAHA DAN UMUM KEPALA DUSUN'1 KEPALA DUSUN'2 KEPALA DUSUN'3 KEPALA DUSUN'4 STAFF KAUR TU DAN UMUM STAFF KASI PELAYANAN

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Link Referensi

Info Media Sosial Desa

FacebookTwitterGoogle PlusYouTube

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini