Selamat Datang di Portal Website Desa Pagak Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara

Pagak Bergerak mBangun Desa - Pagak Menuju Desa Percontohan Nasional Tahun 2022

 

Gandeng STIE Tambara, Pendamping Desa Fasilitasi Kajian Potensi BUMDes Astagina Desa Pagak

Pradikta 14 September 2021 13:49:44 WIB

Banjarnegara - Perguruan Tinggi memiliki peran penting dalam pembangunan desa hal tersebut selalu digelorakan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, Perguruan tinggi untuk desa (Pertides) telah dibentuk beberapa tahun lalu, dan telah berperan dalam pembangunan di desa.

Pertides berperan karena dalam pembentukannya dilatarbelakangi agar perguruan tinggi tidak lepas terlalu jauh dari berbagai permasalahan yang ada di desa.

Pertides inilah yang kemudian menjadi wadah masing-masing perguruan tinggi dalam pendampingan untuk mengatasi permasalahan yang ada di desa. Pendamping Desa Pemberdayaan Kemendesa PDTT RI wilayah kerja Kecamatan Purwareja Klampok, Suratno, S.Pd menjelaskan dirinya mencoba memfasilitasi adanya ruang kerjasama antara Pemerintah Desa Pagak dan STIE Tamansiswa Banjarnegara.

"Desa Wisata Pagak ini dulunya (tahun 2017-red) di inisiasi oleh Mahasiswa KKN STIE Tambara, yang kemudian masuk menjadi program Desa Pagak. Jadi kami coba berkomunikasi dengan Civitas Akademika STIE Tambara, dan Alhamdulillah disambut baik oleh Ketua STIE Tambara. Jadi kami menggandeng akademisi dalam melakukan kajian potensi yang ada di Desa Pagak, agar semuanya dapat terarah dengan sistem dan manajerial yang profesional." Jelas Suratno atau akrab disapa Den Juneng

Jalinan kerjasama antara Pemerintah Desa Pagak dan STIE Tamansiswa Banjarnegara, tertuang dalam Memorandum Of Agreement (MoA) yang ditandatangani pada (Sabtu, 12/06/21) bertempat di Aula STIE Tambara Jl Mayjend Pandjaitan No 29 Banjarnegara.

Kepala Desa Pagak, Sudarwo, SH turut berpesan adanya program pembangunan yang berkelanjutan memang dibutuhkan kerjasama lintas sektor, terutama dari akademisi.

"Kami mewakili Pemerintah Desa Pagak, sangat mengapresiasi keterlibatan STIE Tambara dalam penggalian dan perumusan kajian potensi Desa Wisata Pagak, semoga silaturahmi dan jalinan kerjasama ini membawa dampak positif bagi kita semua. kami sangat terbuka bagi siapa saja yang mau terlibat dan melibatkan diri dalam pembangunan desa." Tambah Sudarwo

Ketua STIE Tamansiswa Banjarnegara H. Lustono, S.Pd, MM menambahkan adanya kerjasama ini membuktikan bahwa kami peduli terhadap desa-desa dan kemajuan Banjarnegara.

Dirinya juga berharap kedepan dari masing-masing desa memiliki duta mahasiswa yang nantinya melakukan pengabdian untuk membangun desanya sendiri. (Dimas/aa/smol)

Artikel ini sudah pernah tayang di SMOL.ID dengan judul Gandeng STIE Tambara, Pendamping Desa Fasilitasi Kajian Potensi Wisata Pagak pada 13 Juni 2021

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

KEPALA DESA SEKRETARIS DESA KASI KESEJAHTERAAN KASI PEMERINTAHAN KASI PELAYANAN KAUR KEUANGAN KAUR PERENCANAAN KAUR TATA USAHA DAN UMUM KEPALA DUSUN'1 KEPALA DUSUN'2 KEPALA DUSUN'3 KEPALA DUSUN'4 STAFF KAUR TU DAN UMUM STAFF KASI PELAYANAN

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Link Referensi

Info Media Sosial Desa

FacebookTwitterGoogle PlusYouTube

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini