Selamat Datang di Portal Website Desa Pagak Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara

Pagak Bergerak mBangun Desa - Pagak Menuju Desa Percontohan Nasional Tahun 2022

 

Indo Atsiri Jaya Mendapat Kunjungan Dari Kelompok Tani Desa Ketanda Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Bany

Pradikta 14 September 2021 14:08:47 WIB

Banjarnegara - Minggu, 12 September 2021, Indo Atsiri Jaya menerima kunjungan dari Kelompok Tani Desa Ketanda Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas.

Sebanyak kurang lebih 15 orang petani datang ke Indo Atsiri di Desa Pagak Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara untuk belajar dan melihat langsung proses pengolahan tanaman talas beneng dan nampu menjadi produk tembakau yang siap ekspor.

"Mereka datang ke sini setelah mengetahui bahwa di sini mengolah daun nampu dan talas beneng yang memang sedang populer di kalangan para pembudidaya tanaman" Jelas Andi, Owner Indo Atsiri Jaya.

Selain belajar tentang cara pengolahan daun nampu dan talas beneng, para petani dari Desa Ketanda tersebut juga mendapat penjelasan tentang program kemitraan bersama Indo Atsiri Jaya.

"Kami di sini menawarkan program kemitraan kepada para petani baik secara individual maupun secara kelompok. Kelompok tani dari desa lain bisa bekerja sama dengan kami dalam bentuk kemitraan. Mereka cukup menanam di lahan-lahan mereka dengan cara membeli bibit dari kami, untuk kemudian hasil panenan mereka kita beli" Jelas Pipit, Manager Indo Atsiri Jaya.

Daun nampu dan talas beneng memang sedang populer saat ini. Banyak pembudidaya tanaman yang awalnya bertanam singkong atau tanaman lainnya, bermigrasi menanam daun nampu dan talas beneng karena saat ini sudah bisa merambah pasar ekspor.

"Untuk nampu daunnya dirajang menjadi tembakau kemudian diekspor ke Australia, sementara batangnya disuling menjadi minyak nampu yang kemudian diekspor ke Vietnam. Kalau talas beneng umbinya kita ekspor ke Belanda, sedang daunnya yang sudah diproses menjadi tembakau juga diekspor ke Australia" Lanjut Andi menjelaskan.

Program kemitraan yang ditawarkan oleh Indo Atsiri mendapat banyak sambutan positif dari para petani, sebab mereka mendapat kemudahan mendapatkan bibit, pupuk dan tidak perlu khawatir hasil panenan mereka tidak laku, sebab dari daun, batang sampai umbi langsung dijual ke Indo Atsiri Jaya yang memang sudah sejak dulu merupakan eksportir minyak atsiri ke beberapa negara di dunia.***

Sumber: Kiriman Warga

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

KEPALA DESA SEKRETARIS DESA KASI KESEJAHTERAAN KASI PEMERINTAHAN KASI PELAYANAN KAUR KEUANGAN KAUR PERENCANAAN KAUR TATA USAHA DAN UMUM KEPALA DUSUN'1 KEPALA DUSUN'2 KEPALA DUSUN'3 KEPALA DUSUN'4 STAFF KAUR TU DAN UMUM STAFF KASI PELAYANAN

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Link Referensi

Info Media Sosial Desa

FacebookTwitterGoogle PlusYouTube

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini